25 Hewan Dan khasiatnya Untuk Kesehatan | INFO INDONESIA

adsterra

TS

25 Hewan Dan khasiatnya Untuk Kesehatan

25 Hewan Dan Khasiatnya Untuk kesehatan




1.Manfaat Sarang Walet Untuk Kesehatan




Walet merupakan jenis burung dari suku Apodidae. Habitatnya di hutan hujan dan hutan pegunungan tropika. Burung ini didapati di Brunei, Burma, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.Yang paling dicari dan menjadi primadona dari walet adalah sarangnya. Terdapat dua jenis sarang burung walet, yakni sarang burung putih yang seluruhnya terbuat dari air liur burung walet. Juga sarang burung hitam, terbuat dari campuran air liur dan bulu burung. Sarang burung walet putih harganya lebih mahal, bisa mencapai 14 juta rupiah/kg, sedang sarang hitam hanya sekitar 1 atau 2 juta/kg.
Khasiat sarang walet inilah diyakini mampu menjaga kebugaran tubuh dan melancarkan peredaran darah. Selain itu, juga dapat membantu penyembuhan berbagai macam penyakit seperti: asma,demam, batuk, sakit paru-paru, dan stroke.

2.Manfaat Undur-undur Untuk Kesehatan



Si Kecil Penyembuh Diabetes,Manfaat Undur-undur Untuk Kesehatan.Si Kecil Penyembuh Diabetes – Karena berjalan ke belakang alias mundur, makanya dinamakan undur-undur. Hewan ini tergolong jenis neuropteran atau serangga bersayap jala. Berciri mulut menggigit dan memiliki dua pasang sayap berurat menyerupai jala. Binatang ini bermetamorfosis dari telur, larva, kepompong, hingga menjadi serangga. Nah, pada fase larva itulah biasanya undur-undur dicari orang untuk berbagai pengobatan alternatif.Undur-undur memiliki nama famili Myrmeleontidae. Asal kata ini dari bahasa Yunani yaitu: myrmex (semut) dan leon (singa). Ada dua jenis undur-undur, yaitu yang hidup di darat dan di laut. Yang kita bahas kali ini adalah undur-undur yang ada di darat. Habitat undur-undur darat adalah tanah berpasir kering. Biasanya banyak terdapat di halaman rumah atau di sekitar dinding rumah tempat berkumpulnya debu. Sarangnya berbentuk kubangan bulat kecil seperti kawah.

Menurut Dr. Budi Sugiarto Widjaja dari Traditional Chinese Medicine (TCM), undur-undur darat baik untuk mengobati kencing manis (diabetes). Binatang ini mengandung zat sulfonilurea yang mampu meningkatkan pengeluaran hormon insulin oleh pankreas.Kala tubuh kekurangan insulin, maka kadar glukosa dalam darah akan meningkat. Peningkatan kadar glukosa inilah yang menyebabkan tubuh rentan penyakit. Jadi sulfonilurea dalam undur-undur merupakan agen oral hipoglikemik atau zat yang berfungsi menurunkan glukosa darah pada pengidap diabetes. Di samping itu, undur-undur juga mengandung asam lemak Omega 3.Zat ini juga dapat menaikkan kadar insulin, hingga bisa menurunkan kadar gula pada pasien kencing manis.

3.Manfaat Ulat Sagu Untuk Kesehatan



Ulat sagu adalah larva dari kumbang merah kelapa atau Rhynchophorus Ferrugineus. Binatang ini biasa ada di dalam batang sagu yang sudah membusuk. Ulat ini umumnya dijadikan santapan sehari-hari oleh orang Kamoro, Papua. Dalam pengolahannya biasanya dicampur dalam adonan sagu. Pada sagu yang berbentuk lontong, sebelum dimasak harus dibelah terlebih dahulu untuk memasukkan ulat sagu sebagai isinya.

Terkadang ulat sagu dimakan dengan cara dibakar dahulu, malah tak jarang juga ada yang disantap mentah.Orang Kamoro meyakini ulat sagu, yang dalam bahasa setempat disebut ‘koo’, mengandung banyak vitamin. Semakin banyak menyantap ulat sagu, akan semakin sehat. Keyakinan masyarakat Kamoro ini memang tidak salah, karena berdasar penelitian, ulat sagu merupakan lauk bergizi yang bebas kolesterol. Kandungan protein ulat sagu sekitar 9,34%. Ulat ini juga mengandung beberapa asam amino esensial, seperti asam aspartat (1,84%), asam glutamat (2,72%), tirosin (1,87%), lisin (1,97%), dan methionin (1,07%).

4.Manfaat Udang Untuk Kesehatan



Udang merupakan salah sau jenis spesies air yang telah menjadi makanan favorit masyarakat. Udang telah diolah menjadi berbagai masakan lezat dan nikmat. Seperti halnya seafood yang lainnya, udang kaya dengan kalsium dan protein. Kalori energi udang sangat rendah (hanya 106 kalori per 100 gr udang). Udang juga hanya mengandung sedikit asam lemak jenuh.
Bahkan seperti halnya makanan laut lain, kadar asam lemak sehat pada udang justru sangat tinggi yaitu Omega-3 dan Omega=6 masing-masing mencapai 540 mg dan 28 mg per 100 gr udang segar. Meski demikian jangan lupa, kandungan kolesterol udang cukup tinggi yaitu : 152 mg per 100 gr udang segar.Khusus untuk udang laut ternyata berkhasiat bagi penderita gangguan maag dan perih lambung.
Caranya dengan memisahkan kulit udang dari daging dan kepalanya, hingga tersisa kulit dan bagian ekornya saja. Kira-kira 150 gr kulit dan ekor udang ini direbus dengan air rendaman beras hingga mendidih. Setelah matang disaring dan ditambahkan sedikit garam atau gula lalu diminum/dimakan hangat-hangat pada pagi dan sore hari.

5.Manfaat Daging Tupai Untuk Kesehatan



Tupai merupakan mamalia pengerat yang berukuran kecil dan hidup di pepohonan. Ada satu fakta yang menarik, tupai ternyata memiliki otak yang relatif besar. Rasio besar otak berbanding besar tubuh pada tupai adalah yang terbesar pada makhluk hidup, bahkan mengalahkan manusia. Di Indonesia, tupai hidup di daerah Sumatra, Kalimantan, dan Jawa. Orang-orang Jawa menyamakan hewan ini dengan bajing.Hewan pengerat yang mahir melompat ini ternyata masuk dalam kelompok hewan yang berkhasiat. Banyak yang percaya bahwa daging tupai dapat menyembuhkan pelbagai penyakit seperti ginjal, kanker, serta diyakini mempunyai efek menetralisir gula darah. Sebenarnya tidak hanya daging tupai saja yang berkhasiat.
Beberapa bagian tubuh tupai dipercaya juga memiliki kasiat. Otak tupai dipercaya dapat menyembuhkan keterbelakangan mental. Sedangkan janin tupai juga dipercaya berkhasiat bagi wanita mandul.
Cara penyembuhan penyakit dengan daging tupai cukup sederhana. Daging tupai yang telah dibersihkan cukup direbus dengan air. Kemudian air rebusan daging itu diminum. Setelahnya, daging tupai dapat digoreng lalu dimakan. Jika dimakan teratur, daging tupai dapat mengobati penyakit terutama kencing manis.

6.Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan



Tuna adalah jenis ikan laut dari famili Scombridae, termasuk genus Thunnus. Penyebarannya sangat luas, hampir di semua daerah tropis maupun subtropis, jenis tuna dapat ditemukan. Ikan yang dalam bahasa Inggris disebut skipjack ini merupakan salah satu jenis ikan yang paling diminati di pasar internasional. Apa sebabnya? Ternyata ikan tuna memilki kandungan yang lengkap.

Ikan tuna kaya akan asam lemak Omega-3, kandungannya 28 kali lebih banyak daripada ikan air tawar. Zat ini berperan penting dalam proses pertumbuhan sel-sel saraf, termasuk sel otak dan sangat penting bagi anak-anak. Selain itu, Omega 3 mampu menurunkan kadar kolesterol darah dan menghambat proses terjadinya aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah). Dengan mengonsumsi 30 gram tuna tiap hari, dapat mencegah risiko kematian hingga 50 persen.


7.Manfaat Trenggiling Untuk Kesehatan



Di masa lampau, trenggiling dianggap memiliki nilai mistis di pedalaman Kalimantan, bahkan tak jarang juga dianggap sebagai jelmaan setan atau hantu. Keberadaan trenggiling di suatu desa dapat dianggap sebagai pertanda kurang baik. Orang kemudian akan memburunya jauh ke dalam hutan, atau ditangkap untuk dibakar tanpa sisa agar roh jahat yang ada di dalam tubuh trenggiling ikut musnah terbakar. Saat itu orang-oranghanya memburu dan memusnahkan trenggiling, bukan untuk memakan dagingnya.
Trenggiling sudah dikenal luas sebagai komponen penting dalam TCM (Traditional Chinese Medicine) yang memberikan manfaat baik untuk pengobatan. Meski belum ada penelitian medis yang mendukungnya, tetapi banyak orang meyakini bahwa daging trenggiling dapat mengatasi: penyakit jantung, stroke, paru-paru, kencing manis, darah tinggi, haid tidak teratur, serta kesehatan kulit. Bahkan, beberapa orang percaya bahwa trenggiling dapat menjadi obat kuat. Tidak semua bagian tubuh trenggiling bisa dimanfaatkan. Bagian binatang ini yang dapat dimanfaatkan adalah: daging, sisik, empedu, serta lidahnya. Biasanya menu menggiling diolah menjadi sup atau sate.

8.Manfaat Daging Tokek Untuk Kesehatan



Binatang ini termasuk jenis reptil, memiliki nama ilmiah Gekko. Dalam bahasa Inggris dinamakan Tokay gecko atau tucktoo, sedang di Jawa kerap disebut tokek atau tekek. Tokek terlihat miripcicak, namun ukurannya lebih besar, sedangkan kulitnya lebih kasar dan bertotol. Biasanya hewan ini hidup di hutan dan pohon, terkadang juga ditemukan dalam sudut rumah.

Baru-baru ini harga tokek melonjak drastis. Tokek dengan berat badan kurang dari 1,5 ons dihargai dengan kisaran Rp 200.000. Sedang ukuran sekitar 2 ons, bisa mencapai Rp 5 juta. Ukuran di atas 2 ons dapat mencapai 100 juta. Bahkan pernah ditemukan tokek raksasa di pedalaman Kalimantan dengan berat hingga 64 kilogram. Coba tebak berapa harganya? Konon kabarnya tokek raksasa itu dibeli oleh seorang pengusaha asal Korea seharga 179 miliar. .wow!Lalu, mengapa seekor tokek bisa begitu mahal?

Penyebabnya tak lain adalah khasiat dari hewan ini sendiri. Konon binatang ini bisa menyembuhkan penyakit HIV atau AIDS. Meski belum ada penelitian ilmiah namun ramuan tradisional dari tokek dipercaya sebagai ramuan paling mujarab untuk penyakit tersebut.Tokek sering dipakai dalam pengobatan tradisional China atau yang biasa disebut Traditional Chinese Medicine (TCM).

Uji ilmiah tentang kandungan zat dalam tubuh tokek pernah dilakukan oleh tim yang diketuai Prof Wang dari Universitas Henan, China. Hasil penelitian mengidentifikasi bahwa tokek memiliki efek anti-tumor. Sifat anti-tumor ini ditunjukkan melalui kemampuan menghambat tumor dengan cara memperkuat energi tubuh. Hasil penelitian menunjukkan zat aktif tokek tidak hanya meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh dari suatu organisme, tetapi juga menginduksi sel-sel tumor apoptosis (yang membunuh dirinya sendiri), serta menekan ekspresi protein VEGF dan bFGF yakni faktor pendukung berkembangnya kanker. Uji khasiat tokek memberikan metode pengobatan baru dalam penyakit kanker

9.Manfaat Tiram Untuk Kesehatan



Menyembuhkan Radang Paru-paru Kandungan gizi tiram sangat tinggi dan komposisi proteinnya sangat membantu pembentukan anti-koagulan atau zat anti pembeku darah. Mengonsumsi tiram dalam jumlah tertentu sangat membantu kelancaran sirkulasi darah. Namun untuk para penderita haemofilia, tiram harus dihindari karena mencegah pembekuan darah.

Di balik tubuhnya yang terlindungi cangkang, tiram ternyata memiliki pelbagai khasiat dalam pengobatan. Manfaat dan khasiat tiram antara lain;Pertama, tiram ternyata berguna untuk mengobati radang paru-paru (pneumonia). Pencegahan terhadap pneumonia dapat terjadi karena kandungan protein dalam tiram berfungsi melawan virus atau bakteri penyebab radang. Protein tiram dapat membantumetabolisme tubuh.

Cara mengonsumsinya juga harus dilakukan dengan memakan tiram setengah matang, sebagaimana yang dilakukan oleh orang Jepang. Cukup menyiram tiram mentah dengan air mendidih dan bisa ditambahkan dengan sedikit bumbu penyedap.

Kedua, tiram mampu mengurangi pembengkakan pada bagian tubuh tertentu. Khususnya pembengkakan yang disebabkan oleh salah urat atau keseleo. Selain rasa nyeri yang berkurang, tiram juga mencegah peradangan lebih lanjut. Caranya dengan mengambil cairan kental yang melapisi tubuh tiram lalu dioleskan pada bagian yang bengkak sambil dipijat ringan dan biarkan cairantersebut agak mengering. Bengkak akan cepat mengempis dan rasa akan berkurang.

Ketiga, tiram juga dapat digunakan untuk mempercepat pemulihan pasca operasi, terutama operasi yang berkaitan dengan tulang dan persendian. Dalam hal ini cangkang kerang dapat dipergunakan. Caranya dengan merendam cangkang tiram dengan air matang yang dicampur daun salam segar 4-5 helai. Rebus hingga mendidih, dan minum sampai habis.

10.Manfaat Ikan Teri Untuk Kesehatan



Ikan teri atau ikan bilis merupakan sekelompok ikan laut kecil anggota keluarga Engraulidae. Ikan teri memiliki ciri bermoncong tumpul dengan gigi kecil dan tajam pada kedua-dua rahangnya. Ikan pemakan plankton ini kerap identik dengan makanan rakyat bawah, padahal ikan teri ini memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Menurut Dr Hendradi Khumarga dalam Orthopaedic Highlight 2004di Rumah Sakit Siloam Gleneagles Tangerang, untuk mencegah osteoporosis setiap orang memerlukan kalsium sebanyak 1 gram per hari. Kebutuhan kalsium tersebut dapat diperoleh dengan mengonsumsi ikan teri. Sebagaimana diketahui, kalsium dalam ikan teri tahan dan tidak mudah larut dalam air.

Menurut dr Endang Darmo Utomo MD MS, seorang ahli gizi dari RSSiloam mengatakan sumber kalsium terbaik dari ikan teri terdapat pada tulangnya yang pastinya ikut dimakan ketika mengonsumsi ikan teri.Dari 100 gr / 1 ons ikan teri memiliki komposisi antara lain:*.Protein 33,40%*.Lemak 3,00%*.Fosfor 1,50%*.Besi 0,0036%*.Vitamin B1 0,15 mg%*.Energi 77 kkal*.Kalsium 500 mg – 1200 mg*.Vit A RE 47

11.Manfaat Ikan Tenggiri Untuk Kesehatan



Tenggiri adalah nama umum bagi sekelompok ikan yang tergolong ke dalam marga Scomberomorus. Ikan ini merupakan kerabat dekat tuna, tongkol, madidihang, dan ikan kembung. Tenggiri banyak disukai orang karena kelezatannya, khususnya bagi masyarakat Palembang yang identik dengan mpek-mpeknya.Banyak orang memanfaatkan tenggiri hanya sebatas konsumsi sehari-hari. Padahal ikan yang termasuk kelompok pemangsa ini menyimpan banyak manfaat, mulai dari: sirip, jeroan, daging, hingga durinya. Ikan tengiri memang mengandung protein hewani yang sangat tinggi.

Namun jika campuran bumbu dan penyedap serta pengolahan ikan tengiri yang salah ternyata dapat menyebabkan khasiat tengiri malah turun hingga 60%. Walaupun demikian, jika dikonsumsi secara teratur ikan tengiri dapat menghambat radang tenggorokan (bronchitis) ringan hingga sedang.Selain radang tenggorokan, tenggiri juga dapat menyembuhkan asma, khususnya di bagian sekitar ekor dan sirip. Pengolahannya cukup direbus dengan sedikit garam hingga matang, air rebusannya juga dapat digunakan. Pengobatan tersebut dapat dilakukan beberapa kali hingga menunjukkan hasilnya.Ikan tenggiri juga mampu mengobati linu di sekitar kaki, khususnya bagi para manula. Daging yang terletak disekitar insang-lah yang mengandung zat pereda ngilu dan linu persendian.

Cara pengolahannya dengan merebus hingga matang dan memakannya langsung. Pengobatan ini dapat dilakukan berulang-ulang atau cukup sekali saja jika rasa ngilu telah berkurang atau hilang.Jeroan tenggiri juga berkhasiat. Tetapi pengolahan jeroan tenggiri ini harus hati-hati. Selain harus dalam keadaan segar, jeroan juga wajib dalam keadaan baik/utuh. Hati ikan tengiri diyakini berkhasiat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Namun hati tenggiri ini hanya diperbolehkan bagi penderita usia 20-45 tahun.

Bagi manula, cara ini dianggap terlalu beresiko karena harus dimakan mentah-mentah. Kandungan protein dan zat lain yang terlalu tinggi mengakibatkan pengobatan ini tidak dapat dilakukan untuk semua orang. jeroan tenggiri juga berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan bagi kaum wanita. Jeroan tenggiri ini direbus bersama dengan biji pisang klutuk yang telah matang dan beberapa biji cengkeh. Dan jeroan beserta air rebusannya bisa dimakan dan diminum sebelum melakukan aktivitas seksual.

Tidak hanya cukup daging dan jeroan saja, sirip ikan tenggiri juga berkhasiat menyebuhkan penyakit kulit seperti eksim, luka gatal dan bernanah, koreng, kudis, dan sejenisnya. Caranya sirip direbus hingga setengahnya. Air rebusan diminum hangat-hangat. Nah, jikaingin menghilangkan bau tak sedap yang ditimbulkan oleh pelbagai penyakit kulit itu, rebusan sirip tenggiri ini sebaiknya dicampur dengan daun sirih.Duri ikan tenggiri juga bisa menjadi obat untuk ketombe. Kita dapatmencobanya dengan menjemur terlebih dulu duri ikan tengiri hingga kering. Setelah itu kemudian dibakar hingga berwarna hitam, lalu dihaluskan. Serbuk ini kemudian dicampurkan minyak kelapa atau lidah buaya dan dioleskan pada kulit kepala selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu rambut dicuci hingga bersih. Lakukan proses tersebut beberapa kali hingga ketombe benar-benar lenyap.

12.Manfaat Daging Ikan Salmon Untuk Jantung



Ikan Salmon adalah sejenis ikan laut dari famili Salmonidae. Salmon hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Secara umum, salmon merupakan spesies dari anadromous, yaitu satu spesies yang bermigrasi untuk berkembang biak. Salmon lahir di perairan air tawar, bermigrasi ke lautan, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi. Terdapat suatu kepercayaan bahwa salmon selalu kembali ke tempat yang sama di mana ia dilahirkan untuk berkembang biak.Salmon kaya akan lemak tak jenuh Omega 3 yang dapat mengurangi produksi partikel penyebab radang dalam tubuh yang dapat merusak kulit. Zat ini juga turut berperan penting dalam proses pertumbuhan sel-sel saraf, termasuk sel otak. Fungsi tersebut sangat penting bagi anak-anak usia pertumbuhan untuk penunjang perkembangan kecerdasan mereka.Berdasar riset ilmiah, konsumsi suplemen minyak ikan secara teratur mampu menurunan ketidakstabilan elektris pada jantung, khususnya pada pasien yang mengidap kelainan detak atau ritme jantung. Minyak ikan merupakan asupan minyak essential bernutrisi tinggi. Suplemen minyak ikan berasal dari ikan laut perairan dalam dan dingin, termasuk dalam hal ini adalah lemak ikan salmon. Dr Glenn D Young dari Royal Adelaide Hospital, Australia, dalam Reuters Health menjelaskan minyak ikan dapat menurunkan risiko kematian pada pasien pengidap penyakit jantung koroner dan pembuluh darah. Suplemen minyak ikan juga kaya nutrisi lain antara lain Vitamin A dan Vitamin D.

13.Manfaat Penyu Bagi kesehatan



Penyembuh Berbagai Penyakit Kini penyu sisik maupun penyu hijau makin terancam kehidupannya, justru karena binatang yang dilindungi itu diketahui banyak memberi manfaat pada masyarakat. Perburuan penyu menjadi marak di berbagai lokasi yang menjadi habitatnya. Daging penyu memiliki rasa yang enak hingga digemari banyak orang. Sedang kulit dan batoknya dapat dibuat cinderamata yang indah. Telur penyu banyak dicari karena dipercaya khasiatnya untuk kesehatan dan menambah kekuatan tubuh. Dan di Bali penyu hijau menjadi sarana untuk upacara adat.Di China, daging penyu memang diyakini mampu mengobati pelbagai penyakit, seperti jantung, paru-paru, ambeien, kurang darah, serta beberapa penyakit pencernaan di usus dan lambung. Daging penyu juga dapat meningkatkan nafsu makan, penambah tenaga, mengatasi kesulitan buang air besar (sembelit), bahkan juga dipercaya sebagai obat kuat, awet muda, dan menghilangkan rematik.Tidak hanya daging tetapi telur penyu juga dipercayai berkhasiat. Beberapa orang percaya bahwa telur penyu dapat berfungsi sebagai obat kuat. Orang-orang di Maluku Utara seperti di Kayoa dan Bacan, telur penyu dicari dikonsumsi oleh para pelaut dan orang memiliki pekerjaan berat. Di samping itu, telur penyu juga dipercaya mengobati penyakit sariawan.Disamping daging dan telurnya, penyu juga diambil minyaknya. Sama seperti minyak kura-kura / bulus, penyu dipercaya sebagai obat berbagai penyakit kulit

14.Manfaat Ikan Mujair Untuk mengentalkan Sperma



Kala bicara soal kejantanan atau kualitas sperma karena mani encer, otak kebanyakan pria dewasa mungkin akan langsung tertuju pada obat kuat, madu arab, dan lain-lain. Semua itu padahal belum tentu menyehatkan dan gampang didapat. Menyoal masalah mani encer, percayakanlah pada ikan yang satu. Namanya Oreochamis Mosambicus, atau kita biasa mengenalnya sebagai ikan mujair. Ikan ini memang kalah populer dengan kerabat dekatnya, yaitu ikan nila jika berbicara soal kuliner ikan air tawar. Tetapi mujair ternyata dapat membantu mengatasi mani encer bagikaum adam.

Ikan ini memang cukup fantastis, mujair diperkirakan datang dari perairan Afrika lalu mampu menyebar ke penjuru dunia. Di Indonesia, ikan ini pertama kali ditemukan oleh seorang pria bernama Mujair pada 1939 di muara sungai Blitar Selatan. Hal itulah kenapa ikan ini kemudian bernama Mujair sesuai nama si penemu. Mujair memang mudah beranak pinak. Dagingnya juga penuh protein serta rendah lemak, itulah kenapa mujair layak dikonsumsi. Menurut tradisi, ikan mujair memiliki khasiat mengatasi persoalan seksual para pria.

Banyak orang percaya dengan mengkonsumsi ikan mujair maka sperma akan kembali kental. Memang tidak ada pantangan dalam mengolah ikan mujair, kita dapat mengolahnya dengan digoreng atau dibakar. Tetapi alangkah lebih baik jika pengolahan dengan cara dibakar, karena tidak banyak kandungan protein dalam dagingmujair yang akan hilang. Tidak ada penelitian ilmiah yang pasti untuk mendukung anggapan bahwa mujair dapat mengentalkan mani, akan tetapi banyak orang telah lama mempercayai khasiat mujair. Bahkan beberapa orang juga percaya dengan makan mujairsecara teratur dapat memudahkan memiliki anak. Mungkin itu artinya mujair juga dipercaya mampu meningkatkan kesuburan seseorang. Tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk membuktikan khasiatnya.

15.Manfaat Daging Monyet Untuk Kesehatan



Monyet merupakan nama bagi anggota primata non-prosimia (“pra-kera” seperti lemur dan tarsius) atau kera. Jenis monyet sangat banyak, ada sekitar 264 jenis monyet yang hidup di dunia. Tak perlu kaget jika ternyata ada juga orang yang gemar menyantap daging monyet. Konon daging primata ini berkhasiat menambah vitalitas lelaki.
Tak hanya daging, otak monyet juga dipercaya memiliki manfaat yang sama. Menu otak monyet merupakan menu ekslusif bagi penggemar makanan ekstrim.Umumnya daging monyet digemari karena mengandung protein dan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit dan eksim. Biasanya, daging primata ini dijual segar atau pun setengah matang. Para pembeli mengonsumsi daging monyet dengan cara dibakar atau dipanggang. Ternyata, orang Cina sudah sejak lama menggunakan hewan ini untuk bahan pengobatan. Empedu monyet, digunakan untuk obat penyakit mata dan diolah sebagai ramuan anti sakit perut.

16.Manfaat Lintah Untuk Pelancar Aliran darah



Beberapa kandungan zat dalam lintah antara lain:

*.Hirudin, zat yang dapat menghalangi pembekuan darah. Bermanfaat untuk mengembalikan aliran darah yang buntu atau saluran darah yang tersumbat.

*.Histamine, merupakan zat yang berfungsi sebagai pengembang. Zat ini di temukan pada bagian ludah lintah.Hyluronidase, semacam obat bius yang berasal dari ludah lintah.

*.Thrombin, zat yang mengaktifkan konversi dari fibrin ke fibrinogen dan meningkatkan pembekuan. Trombosa adalah formasi dari satu gumpal darah di dalam satu pembuluh darah, yang sering menghalangi aliran darah. Trombosa akan terjadi apabila tubuh mengalami luka. Lokasi paling umum dari trombosa berada di dalam pembuluh darah kaki.

*.Anti Kolagen, zat yang keluar dari air liur lintah atau spesies sejenis berdasarkan hasil penelitian ternyata dapat digunakan untuk perawatan dan pengendalian trombosit. Zat ini dapat berfungsi sebagai penunda penuaan dan dapat digunakan sebagai bagian bahan dasar kosmetika.

*.Nitric Oxide, zat dalam ramuan Viagra. Dalam satu kajian ilmiah University Purdue, lintah jenis Hirudo Medicinalis dikenal dapat mengeluarkan Nitric Oxide (NO) secara alami. Sementara kajian ilmiah lainnya mengatakan bahwa NO dapat menyelesaikan 90% masalah kegagalan ereksi kaum lelaki.Lintah sering digunakan sebagai obat alternatif dengan cara ditempelkan pada bagian tubuh untuk menghisap darah kotor.
Hasil studi yang dilakukan para peneliti di Jerman, menunjukkan bahwa lintah diakui dapat mengobati rasa sakit dan juga radang. Dengan menghisap darah kotor, darah statis, dan darah teracuni, maka peredaran darah yang semula tersumbat menjadi lancar kembali.Seperti diketahui, darah kotor mengandung racun yang bisa menyumbat peredaran darah yang akan mengakibatkan sistem peredaran darah dalam tubuh tidak berjalan sebagaimana mestinya. Hal tersebut dapat menyebabkan kesehatan seseorang terganggu, baik secara fisik maupun mental.

17.Manfaat Ikan Lele Untuk Diebetes



Ikan lele yang memang banyak jenisnya itu telah lama menjadi menu keseharian di Indonesia. Ikan lele kaya akan leusin dan lisin. Leusin menjadi asam amino esensial yang sangat baik untuk pertumbuhan anak. Sedangkan lisin dibutuhkan untuk menghasilkan anti-bodi, hormon, enzim, pembentukkan kolagen, dan perbaikan jaringan. Tak kalah penting, lisin bisa juga melindungi dari virus herpes.Ikan yang licin ini ternyata juga berkhasiat untuk pengobatan alternatif. Lele jenis lokal/lele kampung (Clarias Batrachus) yang berwama hitam pekat atau sedikit kehijau-hijauan, khasiatnya lebih baik ketimbang lele dumbo.

Di antara sekian banyak khasiat pengobatan dari ikan lele lokal adalah untuk mengatasi kencing manis, impotensi, hepatitis, ambien serta eksim. Cara pengolahan adalah dengan merebus ikan lele lalu dimakan. Bisa juga dengan ikan lele dibakar hangus, lalu ditumbuk hingga halus menjadi serbuk. Serbuk lele kemudian diseduh dengan air panas lalu diminum.Tidak Cukup hanya itu, patil lele yang terkenal sangat panas jika mengenal tubuh manusia, dipercaya ampuh untuk meningkatkan keperkasaan lelaki loyo dan kurang bersemangat. Lalu bagaimana caranya? Patil ikan lele ini terlebih dulu dijadikan serbuk dengan cara digoreng sangan (digoreng dengan menggunakan wajan yang terbuat dari tanah tanpa menggunakan minyak) sampai kering. Lalu tumbuk hingga halus, kemudian minum dengan cara diseduh menggunakan air hangat.Untuk mendapatkan khasiat terbaik, ramuan patil lele bisa ditambah kopi bubuk yang diseduh hangat-hangat. Jika kita tidak suka dengan kopi, bisa diganti dengan jahe. Bahkan khasiat serbukpalil lele ini dipercaya memiliki keampuhan lebih baik dibanding sirip hiu.

18.Manfaat dan Fungsi Kutu Kepala Untuk Lancarkan Darah



Siapa sih yang suka jika kepalanya ada kutu? Selain membuat gatal, adanya kutu di rambut juga membuat orang tidak ‘pede’. Binatang kecil ini memang memusingkan, kutu dapat menyebar dengan cepat melalui sentuhan antar rambut. Selain itu, kutu juga dapat melompat ke kepala melalui perantara semisal sikat rambut, topi, bantal, juga alat lain.
Kutu kepala merupakan sejenis parasit penghisap darah yang biasanya hidup di bagian kepala. Kutu betina mampu bertelur enam buah dalam sehari. Telur ini selalu melekat kuat pada rambut dan akan menetas kurang lebih dalam 8 hari.Ternyata meskipun kerap kali menjengkelkan, kutu memiliki fungsi yang lumayan baik bagi tubuh.
Ditinjau dari segi sains, saat kutu menghisap darah, binatang ini juga mengeluarkan sebuah enzim yang mampu memperlancar aliran darah di kepala. Fungsi kutu dalam hal ini mirip lintah yang kerap digunakan untuk terapi alternatif.Kutu ini juga dapat memproses arus mega elektrik yang dikeluarkan oleh otak, sehingga manusia menjadi responsif serta dapat mengurangi emisi zat karbon hasil pencernaan manusia. Akibatnya, sel otak akan berproses lebih cepat hingga membuat seseorang menjadi lebih smart dan cepat tanggap. Biarpun si kutu ternyata bermanfaat, namun sebaiknya terapi ini kita jadikan alternatif paling akhir saja.

19.Manfaat Daging Kura-kura / Bulus



Kura-kura bersama penyu merupakan hewan berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Hewan yang tergolong ordo Testudinata atau Chelonians ini khas dan mudah dikenali dengan adanya ‘rumah’ atau batok (bony shell) yang keras dan kaku. Menurut beberapa sumber dikatakan bahwa kura-kura telah ada di bumi sejak lebih dari 220 juta tahun silam. Hewan yang sekarang sudah termasuk langka ini banyak ditangkap orang karena memiliki khasiat menyembuhkan pelbagai penyakit.

Bagi penderita lemah syahwat, daging kura-kura air tawar yang masih muda ternyata bisa menjadi jalan keluarnya. Daging kura-kura dimasak menjadi sup. Sup kura-kura inilah yang dapat membuat tubuh terhindar dari lemah syahwat. Untuk penyakit paru-paru, seperti: TBC, batuk berdarah, dan batuk yang membuat badan panas dingin, daging kura-kura dapat dimasak dengan diberi bumbu berupa bawang merah, cabe, jahe, kecap, dan minyak. Masak hingga matang lalu makan. Sedangkan untuk penyakit disentri dan berak darah, daging kura-kura dapat dicampur dengan air gula, lantas ditambah dengan serbuk kapulaga lalu dipanggang hingga masak dan dimakan.

Tidak hanya dagingnya kura-kura saja yang berkhasiat, banyak orang juga mencari minyak kura-kura sebagai obat alternatif. Kegunaan minyak kura-kura adalah: pertama, minyak kura-kura sanggup menguatkan penis kala hendak melakukan aktivitas seksual dengan cara mengoleskannya pada alat vital. Kedua, mengencangkan payudara dengan cara mengoleskannya pada payudara dan sebaiknya dilakukan pada sore hari saat tubuh sedang santai. Ketiga, minyak kura-kura juga berkhasiat mengobatiberbagai penyakit kulit serta luka bakar pada kulit. Dengan mengoleskannya secara rutin pada kulit yang bermasalah.

Kenapa minyak bulus/kura-kura ini bisa berkhasiat? ternyata minyak ini mengandung beberapa vitamin, seperti: vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang sangat di butuhkan manusia untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit. Adapun, proses pengambilan minyak kura-kura tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena dapat menghilangkan khasiatnya.Proses yang harus dilakukan untuk mendapatkan kualitas minyak adalah dengan cara sebagai berikut: terlebih dahulu memisahkan antara daging dan lemak kura-kura, jemur lemak di bawah terik sinar matahari hingga mencair menjadi minyak. Mudah bukan? Tetapi kita tetap wajib waspada karena masih banyak dijumpai minyak kura-kura yang proses pengambilannya minyaknya dilakukan dengan cara yang salah. Kebanyakan lemak kura-kura dipanaskan dengan bara api untuk memperoleh minyaknya. Proses pembakaran dengan api untuk mendapatkan minyak akan menghilangkan atau mengurangi khasiat minyak kura-kura yang dihasilkan.


20.Manfaat Daging Kodok



Di Indonesia ada berbagai macam jenis kodok, namun tidak semua dapat dikonsumsi, baik sebagai makanan atau obat tradisional. Umumnya yang paling banyak digunakan adalah kodok sawah (kodok hijau) atau kodok batu (yang berwarna coklat kehitam-hitaman). Nah, daging kodok adalah sumber protein hewani yang cukup tinggi kandungan gizinya. Daging kodok juga dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.Siapa sangka jika hewan amfibi ini ternyata dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kanker.

Pengobatan unik untuk penyakit kanker ini dilakukan oleh Dr Willie, seorang dokter ahli pengobatan herbal TCM di Jakarta. Beliau menggunakan lendir katak sebagai material pengobatan alternatif untuk penyakit kanker. Melalui media infus, pengobatan ini bersifat seperti kemoterapi. Namun, tidak sepanas kemoterapi pada umumnya, karena ramuannya mengandung cinobufacini (lendir katak).Bagi yang menyukai masakan ala cina tentu pernah merasakan kelezatan swieke yang banyak disukai orang. Selain untuk bahan baku swieke, daging kodok terutama jenis kodok batu, juga digunakan sebagai menu obat alternatif yang berkhasiat untuk mengatasi infertilitas pria.

Ada beberapa pilihan menu obat alternatif kodok. Kita bisa memblendernya menjadi jus, seperti yang dilakukan orang-orang Peru. Orang Peru menyebutnya ‘Extracto de rana’ (jus kodok) dan sangat terkenal dengan julukan “Viagra dari Peru”. Tetapi jika tidak sanggup minum model “Viagra Peru” tersebut, kita bisa mencoba alternatif kedua.Untuk model yang kedua kita akan mengolah dgn daging kodok batu yang telah dipotong-potong dan dicampur dengan: irisan tipis-tipis satu papan petai, lima siung bawang putih, potongan kecil-kecil dua hari ayam, serta 24 butir merica yang digiling lembut. Kesemua bahan tersebut direbus dalam air kemudian ditambahkan garam. Setelah 20 menit angkat dan tunggu hingga tidak terlalu panas, kemudian tambah dua sendok teh madu asli. Ramuan tersebut dapat dimakan selagi hangat setiap pagi hari. Oh ya, dalam merebus tak boleh lebih dari 20 menit karena sari dagingkodok bisa hilang.Kedua model resep tadi berguna untuk mengoptimalkan fungsi ginjal pada pria produktif, sehingga kualitas sperma menjadi baik. Membuat sperma jadi lebih kental dan merupakan alternatif obat untuk mani encer. Bagi kita yang termasuk umat Muslim, sebaiknya melihat ramuan kodok ini hanya sebatas informasi saja. Sebagaimana diketahui bersama, kodok yang merupakan hewan amfibi yang hidup di dalam dua alam haram untuk dikonsumsi umat Muslim.

21.Manfaat Kecoa



Serangga Pembunuh Bakteri Menurut laporan Daily Mail, pengujian telah menemukan bahwa jaringan dari otak dan sistem saraf kecoa dapat membunuh lebih dari 90 persen infeksi MRSA dan e-coli tanpa merugikan dan mematikan sel manusia. Bagi manusia, terserang Methicillin-Resistant Staphylococcus Aereus (MRSA) dapat mengakibatkan infeksi yang mengancam tulang sendi, luka bedah, aliran darah, katup jantung, dan paru-paru. Hal tersebut berbahaya karena pada akhirnya bisa berakibat pada kematian.
Di sejumlah negara Eropa sekitar 10 persen dari rata-rata 20.000 orang meninggal dunia tiap tahun diakibatkan oleh MRSA. Sedangkan E-coli kebanyakan tidak berbahaya, namun khusus E-coli tipe 0157:H7, bisa menimbulkan racun pada makanan.Simon Lee, seorang peneliti pasca sarjana dari University of Nottingham, Inggris, mengatakan bahwa kecoa memiliki sifat antibiotik yang kuat. Hal itu mengacu pada penemuan sembilan molekul berbeda dalam jaringan kecoa di mana molekul tersebut bersifat racun terhadap bakteri. Tentu saja hal ini menjadi kabar menggembirakan dalam ilmu pengobatan di tengah tingginya permintaan sumber alternatif obat baru.

22.Manfaat Daging Jangkrik



Jangkrik atau cengkerik yang bernama latin Gryllidae ini merupakan serangga yang berkerabat dekat dengan belalang, ia mempunyai tubuh rata dan antena. panjang. Binatang ini dikenal dengan suara nyaringnya yang hanya dihasilkan oleh si jantan. Suara ini digunakan untuk menarik betina dan menolak jangkrik jantan lain. Di Asia, jangkrik dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Bahkan di Brazil, jangkrik hitam dipercaya sebagai tanda datangnya penyakit, jangkrik hijau adalah harapan, dan jangkrik kelabu simbol datangnya uang.

Manfaat Daging Jangkrik: Mencegah Penuaan hingga Meningkatkan Vitalitas Pria .Di Indonesia, jangkrik juga telah lama dipelihara orang untuk mengusir tikus atau untuk pakan burung. Tetapi tahukah Anda jika serangga ini juga bisa digunakan sebagai obat alternatif? Kandungan yang dimiliki jangkrik adalah: protein. asam amino, asam lemak essensial. Protein jangkrik juga terdiri dari protein Omega 3, Omega 6, dan Omega 9.

Para pakar nutrisi meyakini kandungan protein jangkrik mencapai tiga kali lipat kandungan protein daging ayam, sapi, dan udang. Hebat bukan?Protein jangkrik bisa bermanfaat sebagai anti-oksidan pada tubuh untuk mencegah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah.Asam aminonya dapat menghasilkan protein collagen yang berfungsi untuk mempertahankan elastisitas persendian tulang, sel kulit, dan kornea mata, hingga dapat menghambat penuaan dan penyakit katarak.Tidak hanya itu, dengan kandungan omega di dalamnya, jangkrik juga baik dikonsumsi bayi atau anak masa pertumbuhan. Yang lebih penting lagi, bagi orang dewasa yang memiliki masalah seksual, jangkrik dipercaya dapat meningkatkan vitalitas baik pria maupun wanita.

Bagaimana proses pemanfaatannya? Jangkrik bisa langsung digoreng atau dibakar untuk dimakan, atau dibuat tepung yang selanjutnya dapat dibuat bermacam adonan makanan. Untuk anak-anak, adonan dapat dibuat menyerupai nuget atau biskuit.Membuat biskuit jangkrik dapat dengan bahan-bahan dari kelapa, jahe dan jangkrik yang digiling halus, ditambahkan telor serta mentega, lalu dicetak. Warna biskuit jangkrik umumnya akan nampak hitam seperti Oreo. Pembuatan biskuit jangkrik berkembang pesat di daerah Pekanbaru, Riau. Namun yang perlu diingat, jangkrik yang sebaiknya jangkrik yang belum tumbuh sayap.
Untuk urusan vitalitas seksual, jangkrik bisa dibuat seperti yang dilakukan oleh seorang perempuan bernama Sri Rahayu pemilik SriGryIIus/Latansa. Oleh beliau jangkrik dibuat seperti jamu. Jangkrik dikeringkan secara alami dengan sinar matahari atau di-oven hingga kering, lalu digiling menjadi serbuk/tepung. Tepung jangkrik tersebut tinggal dicampur dengan jamu dan ramuan tradisional penambah stamina yang juga dihaluskan. Selanjutnya campuran kedua serbuk tersebut dimasukkan dalam kapsul. Maka jadilah kapsul jangkrik penambah stamina. Dengan rutin mengonsumsi kapsul ini, masalah vitalitas akan teratasi. Banyak orang yang mempercayai khasiat jangkrik untuk menambah vitalitas, tapi bagi Anda yang memiliki alergi sebaiknya tidak mengonsumsi jangkrik.

23. Manfaat Daging Burung Jalak Hitam / Jalak jawa



Burung Jalak merupakan nama sekelompok burung pengicau dari suku Sturnidae yang lincah dan liar meski relatif mudah dijinakan ketimbang burung lainnya. Dari berderet-deret jenis jalak yang ada di Indonesia, yang dikenal paling cerdas hanyalah jalak hitam yang bernama latin Acridotheres Javanicus. Kalau jalak jenis lain pandai berkicau, maka jalak hitam justru mahir menirukan suara manusia seperti burung beo.Jalak hitam sering disebut dengan jalak jawa karena dulu banyak dijumpai di pulau Jawa, meski sekarang telah jarang terlihat di alam liar.
Spesies ini juga sering disebut jalak kebo karena suka bertengger di atas punggung kerbau untuk mencari kutu.Selama ini jalak memang hanya dimanfaatkan sebagai burung klangenan karena bentuk dan suaranya saja. Tetapi tahukah Anda jika si jalak kebo ini dipercaya memiliki khasiat yang sangat unik untuk menyembuhkan beberapa penyakit?Jika Anda menderita sesak napas, carilah jalak hitam ini.
Setelah disembelih dan dibersihkan, bakarlah daging burung ini hingga benar-benar masak. Lalu tambahkan dengan sedikit asam, garam, lombok, merica/lada, serta gula Jawa yang telah ditumbuk halus. Makanlah secara rutin ramuan daging jalak bakar ini 3 kali sehari. Banyak yang percaya bahwa sesak napas akan sembuh dengan ramuan ini.Tidak hanya itu, jalak hitam juga diyakini mampu menyembuhkan lemah syahwat, bahkan ejakulasi dini. Para pria yang mengalami masalah aktivitas seksual dapat melirik jalak hitam sebagai obat alternatif.Adapun cara membuat obatnya adalah dengan mengambil empedu jalak, kemudian meramunya dengan minyak bijan/minyak wijen. Setelah itu, ramuan minyak empedu ini dioleskan pada alat kelamin yang mengalami masalah lemah syahwat dan ejakulasi dini.
Memang belum ada Penelitian ilmiah tentang khasiat empedu jalak, tetapi banyak yang meyakini dan telah membuktikan bahwa minyak empedu jalak dapat mengatasi gangguan daya seksual pria.

24.Manfaat Daging Cicak: Bantu Penyembuhan Kanker



Masak cicakmau lawan buaya?. Masih ingat berita di media tentang kasus yang melibatkan dua pimpinan KPK, Bibit Riyanto dan Candra Hamzah? Eit, jangan sepelekan Cicak, ternyata hewan dari suku Gekkonidae ini memang memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.Berdasar pengalaman empiris, cicak memang kerap dimakan untuk obat alternatif. Kepala dan ekornya dibuang terlebih dahulu, lalu badannya dibersihkan dan dimasukkan ke kapsul dalam keadaan mentah.

Menurut seorang ahli pengobatan Cina, Hembing Wijayakusuma, reptil yang biasa merayap di dinding atau pohon ini,telah sejak lama digunakan sebagai obat oleh orang Cina. Biasanya daging cicak mentah disantap bersama sayur asin. Semula cicak digunakan untuk pengobatan TBC, namun berdasarkan laporan Medical Chinese Report tahun 1965, hewan ini dapat menyembuhkan penyakit perut bagian bawah atau sejenis wasir. Selama itu cicak juga manjur mengatasi biduran, gangguan pencernaan, dan asma.

Cicak juga turut diyakini dapat membantu penyembuhan kanker, meskipun hal ini belum didukung dengan penelitian ilmiah yang mantap. Namun di salah satu kasus, pernah seorang pengidap kanker di RS Cisarua Bogor disarankan untuk memakan cicak sekitar tiga ekor sehari. Setelah enam bulan, atau menghabiskan sekitar 400 cicak, si pasien kembali memeriksakan diri. Hasilnya, laju endap darah sebagai salah satu indikator kanker telah menurun drastis, yaitu dari 75 menjadi 20. Yang mengejutkan, terakhir diperiksa dengan peneropongan USG atau ultrasonografi, pasien itu dinyatakan sembuh dari kanker.

Mantan pemimpin Rumah Sakit Paru-paru Cisarua Bogor, Dokter Gunawan Partowidigdo, menjelaskan bahwa dalam tubuh cicak terdapat enzim yang unik. Cicak mampu melakukan reproduksi bagian tubuhnya sendiri, misalnya menumbuhkan ekornya yang putus. Enzim tersebut akan terangsang keluar saat si cicak meronta-ronta disiksa atau ketika dipotong.Menurut Dokter Harianto, asisten Dokter Gunawan, cicak juga digunakan sebagai pendamping terapi obat modern di Rumah Sakit Cisarua. Namun, menurut beliau, proses penyembuhan kanker tak sepenuhnya karena mengonsumsi cicak. Ada faktor lainyang lebih penting yaitu soal pengaturan nutrisi atau gizi makanan yang sudah teruji secara ilmiah. Namun hewan ini tergolong haram dikonsumsi umat Muslim.

25.Manfaat Belatung Untuk Pengobatan Luka Infeksi



Belatung merupakan larva lalat dan di dunia ini ada ribuan spesies lalat dengan ciri yang berbeda. Beberapa jenis belatung senang hidup di jaringan mati. Secara umum belatung selalu dianggap sebagai pemakan bangkai yang menyeramkan sekaligus menjijikan. Bahkan kemunculannya pada mayat sering diidentikkan sebagai azab orang berdosa. Lalu apakah belatung memiliki khasiat pengobatan?

Namun dalam ilmu pengetahuan, belatung dapat dimanfaatkan untuk praktik alternatif pengobatan luka infeksi yang disebut Maggot Debridement Therapy (MDT). Tentu tidak sembarang belatung yang bisa menyembuhkan luka infeksi, hanya belatung atau larva lalat hijau saja (Lucilia Sericata) yang sanggup digunakan. Nah, penggunaan belatung ini bermula pada abad 16 diPerancis. Ketika itu Ambroise Pare dokter bedah di masa Charles IX dan Henri III, mengamati efek belatung pada tentara yang terlukapada tahun 1557 yang justru membaik kondisinya. Lalu di masa Napoleon telah diketahui bahwa belatung memakan jaringan yang mati, sehingga membantu proses penyembuhan luka.Sejak itu, pemanfaatan belatung terus bertahan hingga abad ke-19.

Di awal abad 20, manfaat dari penggunaan belatung menjadi sangat populer untuk merawat luka kronis di Amerika Utara dan Eropa. Penggunaan belatung sebagai Maggot Debridement Therapy (MDT) telah digunakan secara rutin oleh ribuan dokter, hingga akhirnya dapat tergantikan oleh teknik pembedahan terbaru serta penemuan antibiotik pasca Perang Dunia II. Terapi ini kemudian terus dikembangkan seiring makin resistennya penggunaan antibiotik. Studi klinis pada tahun 1989 di Veterans Affairs Medical Center in Long Beach California dan di Universitas California menunjukkan bahwa penggunaan belatung masih cukup bermanfaat.

Bagaimana cara agar belatung menunjukkan kasiat dalam pengobatan infeksi? Pertama, belatung harus steril dan luka yang akan diterapi bukanlah luka kering, maupun luka infeksi yang sangat mudah berdarah (luka kanker), atau luka yang menyebabkan adanya “terowongan” yang menghubungkan ke organ dalam. Belatung juga tidak boleh digunakan pada luka yang berhubungan langsung dengan sistem saraf pusat serta pembuluh darah besar.

Proses pengobatannya adalah, belatung diletakkan pada luka secara hati-hati karena tidak boleh bersinggungan dengan kulit sekitar luka. Masukkan dalam luka sebanyak 10 ekor per centimeter. Luka dan belatung kemudian ditutup dan diamkan selama 2 sampai 3 hari. Jika luka masih belum terlihat baik maka dapat diulangi hingga nantinya terlihat luka yang bersih dan tampak jaringan sehat.Terapi menggunakan belatung dimungkinkan karena belatung memang hanya akan memakan jaringan mati dan membusuk, hal inilah yang kemudian akan membersihkan luka. Belatung lalat hijau tidak memakan daging yang sehat dan memilih untuk saling memangsa ketika mereka kehabisan santapan.

Nah itulah ke 25 hewan dan kegunaanya,semoga jadi inspirasi anda ya,silahkan share atau browsing saja ke ECALMUGHNI.BLOGSPOT.COM



Ecalmughni.blogspot.com

posted from Bloggeroid

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "25 Hewan Dan khasiatnya Untuk Kesehatan"

Post a Comment

btc