Cireng atau Aci di Goreng | INFO INDONESIA

adsterra

TS

Cireng atau Aci di Goreng

8 September 2015

Ada 2 teman FB yang posting makanan cireng.  Jadi kabita atau pengen.  Terus mencoba salah satu resep tersebut, yakni resep yang dishare mbak Ika Eviani.




Resep pakai takaran sendok makan.  Mencoba mengikuti resep, ternyata jumlah tepung sagu  yang diperlukan jadi tidak sama dengan yang di resep.  Memang sebaiknya resep menggunakan takanan gram, ml, kg atau takaran yang pasti lainnya.  Walau begitu, tidak gagal kok cireng  yang dicoba tadi.


 Seharusnya cireng dimakan dengan sambal pedas dengan gula merah.  Berhubung penyakit malas melanda, jadi ya cireng dimakan hangat begitu saja. 


Oh iya, sebaiknya menggunakan tepung sagu merk Sagu Tani.  Cireng yang dihasilkan enak, walau bumbu yang digunakan hanya bawang putih dan garam.

Cireng

Bahan yang diperlukan

Biang
1 gelas air 200 ml (ternyata gelas saya lebih besar vol. 250 ml)
3 sdm muncung tepung sagu Tani
1 sdm muncung terigu
2 siung bawang putih cincang halus
1 sdt garam
1/4 sdt bumbu kaldu

Cara membuat
Campur semua bahan, masak hingga menjadi adonan kental


Bahan Utama
5 sdm muncung sagu Tani (ternyata saya butuh 16 sdm muncung sagu)

Cara membuat
Campur sagu sedikit demi sedikit dengan adonan biang.  Aduk rata dengan sendok kayu karena adonan panas. Tambahkan lagi sagu, uleni hingga kalis dan tidak lengket di tangan.

Taburi tangan dengan tepung sagu. Bentuk bulat adonan cireng lalu goreng dalam minyak panas hingga agak kecoklatan dan matang.


Adonan biang ditambah dengan 16 sdm muncung sagu tani

Taburi tangan dengan sagu lalu bentuk bulat adonan cireng

Catatan:

-Cireng yang dihasilan sekitar 16 buah.
-3 sdm biang dan 16 sdm muncung sagu Tani kurang lebih 250 g.  -- Cireng digoreng sebagian, sisanya disimpan dalam Tupperware untuk dimakan nanti sore atau besok.  Agar tidak lengket satu sama lain, taburi secukupnya cireng mentah dengan tepung sagu.


Bagi saya cireng ini enakkkkk......


****

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cireng atau Aci di Goreng"

Post a Comment

btc